Pages

Sabtu, 12 Februari 2011

Peta Geologi

Peta geologi
Geolog menarik puluhan jenis peta geologi. Mereka ingin menunjukkan bumi seperti yang jauh di bawah tanah.Structure Map with Fault.gif (21455 bytes)
Peta di sebelah kiri disebut "struktur peta" . Hal ini digambarkan di atas sebuah zona minyak yang sekitar 8000 meter. Peta ini sekitar dua mil.
PG ini mengambil bagian atas zona sumur minyak di setiap yang dibor. Dia tahu ketinggian tanah di lokasi pengeboran. Sebagai contoh, jika ketinggian tanah adalah 1000 meter di atas permukaan laut, dan bagian atas zona minyak ditemukan di 7700 kaki, ia mengurangi 7700 kaki dari 1000 kaki untuk mendapatkan "bawah laut" elevasi -6700 kaki. 
Ketinggian ini bawah laut yang diposting pada peta struktur. Lalu "garis kontur" yang digambar di peta untuk membuat fotonya struktur bawah tanah. 
Dalam hal ini, struktur berbentuk seperti kubah yang luas ... atau bukit .... dengan bagian atas bukit di kaki -6550 dan pangkal bukit di kaki -6800. Jadi, puncak bukit ini sekitar 250 meter lebih tinggi dari dasar!



Berikut ini adalah berbagai jenis peta yang disebut "isopach (mata-jadi-pak) peta", dibangun di atas lapangan gas kecil. Kotak (atau "bagian") adalah satu mil panjang di setiap sisi.  
Dalam peta ini, ahli geologi minyak kontur ketebalan dari batu pasir individu. batu pasir ini adalah sekitar 45 kaki tebal di tengah dan menipis hingga 20 kaki atau kurang sekitar tepi lapangan gas.



Di bawah ini adalah peta berwarna-warni (isopach seorang, seperti di atas) berkontur di salah satu (Springer Pennsylvania ) pasir di Oklahoma. Ini batu pasir khusus diendapkan di laut, sebagai bar pasir. Yang memberi banyak porositas , dan sekarang ini adalah lapangan gas cukup bagus. PG yang dibuat peta ini dengan melihat porositas batupasir di listrik log dari semua sumur. Kemudian PG ditentukan berapa banyak kaki batu pasir itu producible, atau "membayar" . Jumlah membayar diposting dengan warna biru di samping sumur.

Satu lagi peta. Yang satu ini menunjukkan aliran kuno atau alur sungai. batu pasir ini sekitar 30 kaki tebal di tengah saluran. grafik Produksi telah ditempatkan pada peta. Hal ini menunjukkan grafis berapa banyak minyak dan gas dihasilkan dari setiap sumur selama bertahun-tahun. Nomor merah besar menunjukkan jumlah gas yang dihasilkan. Sebagai contoh, Melambung 1-18 (tengah atas) telah membuat 3.267.524 ribu kaki kubik gas, atau 3,2 milyar kaki kubik. Itu baik juga!
Jumlah Gas Abbbreviation digunakan dalam Industri Minyak
1000 kubik kaki gas = 1 MCF
1 juta kubik kaki gas = 1 mmcf atau 1000 MCF
1 miliar kubik kaki gas = 1 BCF atau 1.000.000 MCF
Sebuah rumah khas mungkin menggunakan hanya sekitar 4 MCF gas per bulan untuk pemanasan. Dengan asumsi 6 bulan pemanasan per tahun, itu 24 MCF digunakan per tahun. Itu berarti Melambung telah menghasilkan gas yang cukup di dalamnya seumur hidup untuk memanaskan 136.000 rumah untuk satu tahun!

0 komentar:

Posting Komentar