Pages

Selasa, 08 Februari 2011

GAS GAS GAS: PENGINGAT UNTUK PARA MUDLOG EVALUATOR DAN WELL-POSTMORTEMER

by Andang Bachtiar on Wednesday, 20 January 2010 at 19:34
Maka bergembiralah ketika C3 muncul, apalagi ketika iC4 dan nC4 ikut timbul.Biogenic gas hanya dikenal sampai C2 minornya, jadi ketika C3+ muncul: pertanda thermogenic gas mulai ambil peranan.

Thermogenic gas yang muncul bisa mengindikasikan 2 hal; pertama: kita sudah mulai memasuki zona kematangan thermogenic, apalagi jika iC4, nC4 dan iC5-nC5 juga muncul, maka zona kematangan minyak kemungkinan sudah kita tembus, atau, kedua: kita masih dizona belum matang, tetapi ada migrasi dari zona matang hidrokarbon yg lebih dalam ke zona tidak matang dangkal tersebut.

Kemungkinan kedua itu lebih jauh lagi bisa berarti 2 hal lainnya yaitu: a) apabila section yang mengeluarkan C3+ tersebut adalah shale section alias zona serpih, maka kemungkinan besar zona serpih tersebut fractured (retak-retak) dan ataufaulted alias dipotong patahan yang menjadi conduit (saluran) bagi bermigrasinya hidrokarbon thermogenic dr kedalaman ke section serpih yang dangkal, b) apabila section yang melepaskan C3+ tersebut adalah batupasir atau batugamping atau reservoir yang lainnya, nah... ini dia yang kita cari: migrated hydrocarbon trapped in a reservoir.

Contoh 2-a pernah dijumpai di sumur eksplorasi di Jambi dan di offshore Jawa Timur, dimana patahan pada serpih dangkal tersebut dibuktikan juga dengan indikasi di sayatan seismic yang melewati sumur dan juga dari tanda-tanda yang diinterpretasikan dari lumpur pemboran. Contoh 2-b: ada di mana-mana, yaitu di lapangan-lapangan yang sudah terbukti memproduksi minyak dan gas.

Terlihat dari hasil akhir metoda Haworth dkk (1985) - terlampir - ada 7 penggolongan hidrokarbon yang didugakan, yaitu: 1) dry gas, 2) gas, 3) gas & condensate, 4) gas & oil, 6) oil, dan 7) residual oil. Dry gas adalah domain dari zona belum matang, biogenic zone, dan juga zona overmature alias zona gosong terlalu matang. Selain itu, C3+ juga terlihat menjadi pembagi utama dari Bh (Balance Ratio), dimana apabila Bh<Wh berarti kita berhadapan dengan wet, atau oily reservoir.

Maka, jangan abaikan begitu saja data gas chromatogram dari mudlog. 


ADB

0 komentar:

Posting Komentar