Pages

Sabtu, 12 Februari 2011

Oil and Gas Traps

Oil and Gas in Rocks

Anda mungkin pernah mendengar bahwa minyak ditemukan di bawah tanah di "kolam", atau "danau", atau "sungai". Mungkin seseorang memberitahu Anda ada "laut" atau "laut" dari bawah tanah minyak. Ini semua benar-benar salah , jadi jangan percaya semua yang anda dengar. hal di bawah ini sangat penting!


Hampir semua minyak dan gas ditemukan dalam ruang-ruang kecil di batuan sedimen, terutama pasir dan batu gamping kasar.Sepotong batu pasir atau batu kapur yang sangat mirip spons keras, penuh lubang, tetapi tidak kompresif.  Lubang ini, atau "pori-pori", dapat berisi air atau minyak atau gas, dan batu akan jenuh dengan baik minyak, air atau gas. Lubang-lubang jauh mungil dari lubang spons, tapi mereka masih lubang, dan mereka disebut "porositas".  
Minyak dan gas menjadi terperangkap dalam lubang, dan mereka tinggal di sana, selama jutaan tahun, sampai Petroleum Geologists datang untuk mencari dan mendapatkannya keluar.


Ketika Anda memegang sepotong batu pasir yang mengandung minyak di tangan Anda, batu itu mungkin terlihat dan bau berminyak, tapi minyak biasanya tidak akan habis, dan Anda tidak dapat meremas batu pasir seperti spons!   minyak ini terperangkap di dalam rock porositas .

Dua ahli geologi baru mungkin memiliki percakapan yang berjalan seperti ini:
David:  Hei, Steph!? Apa kedalaman yang batupasir baru kami hanya dibor melalui? JD ingin pergi ke atas dan memberi mereka kabar baik.
Steph :  top ini di 11.622 '. Berikut sepotong log lumpur yang baru saja masuk Val sudah memiliki dalam komputer .

David:  Kami mengirim inti sidewall sampel batu pasir yang ke laboratorium sehingga mereka dapat secara akurat mengukur isi dari ruang pori. Apa laboratorium katakan tentang itu?
Steph :  Mereka mengatakan porositas adalah 10%, dan porositas itu jenuh dengan minyak 75% dan 25% gas. Itu tepat pengukuran cantik, kau tahu. Kami tidak mendapatkan banyak bahwa pengukuran yang tepat.
David:  OK, saya berpikir tentang ini ... 1 kaki kubik batu pasir mengandung .10 kaki kubik ruang pori (1 X kubik kaki .10 porositas%). Jika ruang pori adalah 75% minyak jenuh dan 25% gas-jenuh, yang berarti ada 0,075 kaki kubik minyak di tempat masing-masing di kaki kubik batu pasir, dan juga 0,025 kaki kubik gas di tempat masing-masing di kaki kubik batu pasir. Steph, jika kita tahu ketebalan batupasir dan lebar dan panjang tubuh pasir, kita bisa memperkirakan total Minyak dan Gas In Place !
Steph :  Yah, aku telah bekerja pada itu. Saya telah menyelesaikan beberapa baru peta . Bahwa tubuh pasir sekitar 20 kaki tebal, 5000 meter, dan 300 kaki lebar. Kita mungkin menemukan itu lebih besar jika kita mengebor sumur lebih. Tapi mari kita tetap berpegang pada angka-angka untuk saat ini.
David:  Benar. Kita akan mengetahui ketebalan yang tepat dan banyak lagi ketika kita mendapatkan listrik log . Tapi JD membutuhkan sesuatu untuk menunjukkan petinggi sekarang Selalu terburu-buru gila di sini!. Kita tidak punya banyak waktu untuk datang dengan jawaban. tebal X Mari kita lihat, 20 kaki kaki panjang 5000 X 300 kaki lebar adalah 30.000.000 meter kubik batu pasir. Karena kita sudah tahu bahwa setiap kaki kubik pasir hanya berisi 0,075 kaki kubik minyak, yang berarti ada 30,000,0000 X 0,075 ... atau 2.250.000 meter kubik ... minyak dalam formasi tersebut. Karena terdapat 5,61 kaki kubik ke barel AS, itu sekitar 401.070 barel minyak In Place (30.000.000 X 0,075) / 5,61). Heh, heh! Itu banyak perhitungan untuk otak tua saya. Steph, Anda mengetahui gas nanti!
Steph :  OK. Ken (insinyur reservoir) dihitung akan ada 20 persen Recovery Factor untuk minyak. Itu berarti kita hanya akan dapat memulihkan sekitar 20% dari Oil In Place .
David:  Itu memberi kami tentang 80.214 barel minyak kita dapat berharap untuk memulihkan (401.070 X .20%), ditambah gas kita belum pikir Facebook belum. Itu minyak lapangan kecil cantik.
Steph  Ya, tapi setiap dihitung per barel! Negara kita membutuhkan energi! Dan setiap barel kita dapat memproduksi di rumah adalah barel kita tidak akan harus impor! Siapa yang ingin tergantung pada orang luar untuk segalanya? Mereka mungkin memotong pasokan kami!
David:  Anda benar. JD Beritahu kami berharap hal ini dengan baik untuk menghasilkan minyak dan gas bumi, dan kami akan mengusulkan lagi baik di daerah ini lebih dari sini . Dengan sedikit keberuntungan, sumur kedua akan memproduksi pada bulan Oktober! Yang akan memberikan lebih banyak minyak dan gas bagi orang untuk menghangatkan rumah mereka musim dingin ini!
Steph:  . OK   Saya akan memberitahu JD tahu bahwa kita memiliki pemenang.  
Minyak Pembentukan dan Gerakan Minyak 
The shale sangat halus yang kita bicarakan sebelumnya adalah salah satu dari batuan sedimen yang paling umum di bumi. Di banyak tempat, ribuan kaki shale yang ditumpuk seperti halaman dalam sebuah buku, di bawah tanah. Sudah lazim memiliki lapisan dalam kerak bumi yang sebagian besar dari shale yang tebal 4 mil. Serpih ini telah disimpan di dalam, perairan laut yang tenang selama jutaan waktu tahun.
 
Selama sebagian besar sejarah bumi, lahan sekarang kita kenal sebagai benua tertutup dengan air. Situasi ini memungkinkan tumpukan sedimen yang luar biasa untuk menutupi daerah yang sangat besar. Lautan mungkin telah pergi dari tanah sekarang kita hidup, tetapi deposito besar serpih dan batupasir tetap jauh di bawah tanah .... tepat di bawah kaki kita! 

Kerajaan Raksasa Tiny

Tapi bagaimana dengan minyak dan gas? Untuk jawabannya, kita perlu pindah ke lautan kuno yang pernah menutupi hampir seluruh bumi. 
Kita sering berpikir tentang hiu dan paus sebagai raja-raja lautan dalam. Sebenarnya, ada binatang lain yang telah mendirikan kerajaan raksasa di laut ... yang terbesar dan palingmengesankan kerajaan dari semua! Hewan-hewan berbagai jenis makhluk mikroskopis .... baik tumbuhan dan hewan. Kebanyakan dari mereka akan muat pada kepala peniti. Mereka adalah kecil, tetapi ada triliunan dari mereka. Ketika makhluk-makhluk ini mati, mereka tenggelam ke bawah dan menjadi bagian dari sedimen shale sana.  
Hewan-hewan mati dan hujan turun di dasar laut sepanjang waktu. Dan sejak awal kehidupan di bumi, mereka telah menjalani kehidupan yang menarik mereka di laut, sekarat, tenggelam ke bawah, dan menjadi bagian dari materi sekali-hidup yang adalah bagian dari semua batuan serpih.  

Laut-Lantai gunk
Tentu saja, ikan paus, hiu, dan ikan mati juga, dan tubuh mereka berakhir di dasar laut, di mana mereka membusuk, dan juga menjadi bagian dari serpih tersebut. Dan, selama jangka waktu yang lama geologi, binatang yang kini telah punah, seperti Trilobita dan Ammonoids, tinggal dan meninggal di lautan.
Tapi, itu adalah triliunan binatang kecil yang telah dibuat sebagian besar hidup gunk (nama ilmiah untuk gunk ini adalah "cairan") disimpan di dasar laut. Anda mungkin telah mendengar tentang Lapisan Ozon. Anda mungkin tidak tahu ada "OOZONE LAPIS", juga! Yah, itu tidak benar-benar disebut itu, tapi itulah apa itu! Hanya campuran pasir, lanau, lumpur, dan tubuh hewan laut menumpuk di dasar laut. Laut-lantai gunk!

Kemudian, ketika ribuan kaki shale telah menumpuk selama jutaan tahun, dan dimakamkan tubuh hewan yang sangat mendalam (lebih dari dua mil ke bawah), suatu hal yang menakjubkan terjadi. Panas dari jauh di dalam "memasak" bumi binatang, mengubah tubuh mereka menjadi apa yang kita sebut ...... hidrokarbon minyak dan gas alam.

 
Movin 'Out
Pada awalnya, minyak dan gas hanya ada antara partikel serpih sebagai gumpalan sangat kecil. Kemudian, tekanan intens bumi meremas keluar minyak dan gas dari serpih, dan cairan minyak dan gas bumi bergerak ke samping banyak, banyak mil. Dalam perjalanan mereka, mereka mungkin bertemu dengan lain cairan minyak bepergian. 

Akhirnya, minyak dan gas dapat menjadi "terjebak" dalam formasi batuan seperti batu pasir atau batu kapur .... perangkap mereka tidak dapat melarikan diri! Minyak dan gas tinggal di sana, di bawah tekanan yang besar, sampai PG datang untuk mendapatkannya. Setelah mereka terbentuk, minyak dan gas harus "terjebak" untuk tetap di tempat sampai dapat ditemukan.Tanpa perangkap, PG tidak memiliki tempat untuk bor. Semua deposit minyak dan gas bumi yang diadakan di semacamperangkap.

Ada dua tipe dasar perangkap:
Structural Trap 1.gif (14149 bytes)
Struktural perangkap menyimpan minyak dan gas karena bumi telah dibengkokkan dan cacat dalam beberapa cara. perangkap tersebut mungkin sebuah kubah sederhana (atau bump besar), hanya sebuah "lipatan" dalam batu, atau mungkin menjadi perangkap kesalahan yang lebih kompleks seperti yang ditunjukkan di sebelah kanan.
Strat_Trap_2.gif (8496 bytes)
perangkap stratigrafik adalah pengendapan di alam. Ini berarti mereka terbentuk di tempat, biasanya oleh batu pasir berpori atau batu kapur menjadi tertutup dalam shale. serpih ini menyimpan minyak dan gas dari perangkap melarikan diri, karena umumnya sangat sulit untuk cairan (baik minyak atau gas) untuk bermigrasi melalui serpih.







Berikut adalah empat perangkap. antiklin adalah tipe struktural dari jebakan, seperti perangkap kesalahan dan perangkap kubah garam.  
Perangkap stratigrafi ditampilkan terbentuk ketika lapisan batu di bagian bawah adalah miring, kemudian erosi datar. Kemudian lapisan lebih dibentuk horizontal di atas yang miring. Minyak naik melalui batuan berpori miring dan terjebak di bawah, batuan horizontal tidak keropos.


Well Drilled Into Stream Sandstone.gif (34180 bytes)
Lubang di sebelah kanan telah dibor menjadi batu pasir yang diendapkan di tempat tidur sungai. Jenis batu pasir mengikuti jalan berkelok-kelok, dan dapat sulit untuk dipukul dengan mata bor!
Jenis batu pasir biasanya tertutup dalam serpih, membuat iniperangkap stratigrafi.  Hal ini tampak persis seperti jenis perangkap Steph dan David sedang membicarakan di bagian atas halaman ini.

Hanya karena Anda mengebor minyak atau gas tidak berarti bahwa Anda akan menemukannya! Minyak dan gas reservoir semua memiliki tepi. Jika Anda melewati tepi bor, Anda akan ketinggalan!
Anda juga bisa menemukan penampungan produksi yang sangat dekat permukaan.Atau Anda mungkin bor ke dalam reservoir yang telah habis (semua minyak dan gas dihapus) oleh orang lain dengan baik. Mungkin ada reservoir bangunan baruantara dua sumur yang dapat dikembangkan dengan sepertiga baik. Atau salah satu yang tidak lengkap terkuras . Mungkin kalau Anda bor sedikit lebih dalam Anda mungkin mencapai reservoir kolam yang lebih dalam ! Anda mungkin dapat kembali ke atas dan menghasilkan kompartemen dilewati . The Petroleum Geologist harus memikirkan semua hal ketika merencanakan suatu sumur baru!

Meskipun minyak dan gas tidak mudah untuk menemukan, mereka ditemukan dalam jumlah komersial di banyak wilayah di Amerika Serikat. Peta ini menunjukkan sebagian besar daerah-daerah. Ini benar-benar peta payah, dan tidak begitu akurat, dan saya harus menggantinya kapan.Tetapi untuk sekarang, ini adalah peta.


Akhirnya, struktur di bumi dapat memberikan PG banyak tantangan. Lihatlah diagram keFaulting_Causes_Problems.gif (6460 bytes)benar. Bayangkan Anda pertama kali dibor lubang di sebelah kiri ke dalam lapisan hijau yang merupakan minyak yang bagus dan rock gas-bearing. YES! Anda memiliki sumur besar, banyak menghasilkan minyak dan gas!
Kemudian Anda mengebor lubang kedua Anda ke (kanan) timur yang pertama.Apa yang terjadi dengan lubang itu?
Jawaban di bawah ini.





Jawaban:
Reservoir minyak telah terbelah dua oleh sesar, yang tidak lain adalah tempat di bumi di mana lapisan batuan istirahat dalam dua. Panah pada diagram menunjukkan bahwa batu-batu bergerak DOWN di sisi kiri kesalahan dan UP di sisi KANAN dari kesalahan. Hal ini menciptakan GAP di bidang minyak ...... tepat di mana Anda bor Anda kedua baik!
Sayang sekali. kedua Anda dengan baik merupakan DRY HOLE .

0 komentar:

Posting Komentar