Pages

Sabtu, 12 Februari 2011

Mud Log

Mud Log

Ini adalah contoh sederhana yang relatif dari "log lumpur", yang disiapkan oleh PG asisten selama pengeboran sebuah sumur (adalah asisten disebut dengan "Lumpur Logger"). Ini adalah gaya lama log lumpur, ditarik dengan tangan. Sebagai stek juga datang dari dasar lubang, mereka diperiksa dan diidentifikasi. Log lumpur diperbarui setiap hari pengeboran.
Di sisi kanan log lumpur, yang Logger Lumpur menulis penafsirannya tentang batuan dibor. Ada dua jenis interpretasi yang ditampilkan, sebuah gambar (disebut "Litho") dan "deskripsi Sampel".
Mari kita bicara lebih dulu tentang bagian yang disebut "Litho" (litologi, atau jenis batuan). Penebang kayu itu membuat gambar di tengah halaman. Dia menggunakan simbol standar dan warna untuk menggambarkan berbagai jenis batuan, tekstur,Simple Mud Log.gif (209651 bytes)fosil, dan selimut. Batugamping ditampilkan sebagai blok biru pada log, serpih disajikan sebagai garis horizontal pendek hitam, dan batupasir / siltstones ditampilkan sebagai sebuah pola bertitik. Dia melihat pada stek sumur kecil di bawah mikroskop untuk mengetahui apa jenis batuan. Dibutuhkan banyak pengalaman dan pengetahuan untuk mencari tahu apa batuan yang sedang dibor hanya dengan melihat kecil sampel dengan baik .
The "Deskripsi Sampel" adalah ringkasan yang lebih rinci tentang apa logger melihat. Singkatan yang digunakan karena begitu banyak detail harus dicatat. Sebagai contoh, lihatlah kata-kata di dalam lingkaran biru. Ini berbunyi: "shale, hitam-abu-abu gelap (mengandung kapur, atau karbonat kalsium), sedang keras, mengkilat.
Tepat di bawah serpih adalah kapur digambarkan sebagai abu-abu gelap sampai coklat, menengah-kristal (media berbutir), yg berpasir (mengandung pasir kuarsa), dengan adil untuk porositas antar-kristal yang baik.  
Di sisi kiri log, "Pengeboran Time" dicatat. Ini adalah catatan yang tepat dari waktu yang dibutuhkan mata bor untuk mengebor batu. Drill-waktu dicatat dengan penambahan sebesar 2 kaki. Angka-angka di atas menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengebor bahwa dua kaki, di "menit per kaki". Misalnya, kedalaman dari 3200 'to 3202' (1 blok), dibor pada 7 menit per kaki, atau total 14 menit untuk dua kaki.  




Membuat bagan waktu bor sangat penting, karena memberikan PG satu petunjuk lebih untuk membantu mencari tahu apa yang sedang batuan dibor. Ingatlah bahwa baik belum login pada saat ini. Perhatikan bahwa dalam hal ini dengan baik, yang serpih bor cenderung "lambat" (menit 5-10 per kaki), sedangkan batugamping bor "cepat" (2-6 menit per kaki). Hal ini karena serpih lunak tanah menjadi lengket, lumpur tebal oleh mata bor, dan "bola up" di ujung bit. Hal ini menyebabkan bit untuk memotong batu lambat. 
Biasanya-pengeboran formasi lambat akan menjadi keras dan non-porous batupasir sangat atau batugamping. Untuk jenis formasi, sedikit (dan mahal) khusus yang disebut PDC (klik untuk melihat bit PDC) kadang-kadang digunakan. Hal ini agak khusus adalah nama untuk Prairie du Chien Formasi, yang bisa sangat sulit untuk bor, dan untuk yang sedikit PDC dikembangkan.
berpori batupasir dan batugamping tidak bola, jadi mereka biasanya bor sangat cepat ... hanya seperti yang terlihat pada log ini. Bahkan, salah satu hal yang Geologist Petroleum suka lihat adalah baik "pengeboran istirahat" di pasir sasarannya. Ini berarti latihan pasir sangat cepat (3 menit per kaki atau kurang), yang menandakan bahwa ia lembut atau keropos.
Akhirnya, logger lumpur akan mencatat pembentukan puncak ia telah dipetik. Pada log ini, "L-1", L-2 ", dan" Neva "formasi dipetik.  
Hari ini, sebagian besar lumpur log yang dibuat dengan komputer. Logger lumpur masih melakukan semua sampel dan bekerja gas-pemantauan yang ia lakukan sebelum, tapi dia tidak lagi perlu seorang penggambar. Berikut adalah contohnya:

Inside Mud Logging Trailer.gif (59203 bytes)Jika logger melihat ada minyak di sampel dengan baik, maka akan sangat jelas dicatat pada log lumpur. Minyak dan gas "menunjukkan" adalah hal yang paling penting logger lumpur akan menemukan. 
Pada sebelah kanan adalah gambar dari peralatan pemantauan lumpur-kompleks di dalam lumpur-logging trailer portabel. pekerjaan utama peralatan ini adalah untuk mendeteksi minyak dan gas di lumpur.
Log lumpur akan digunakan dalam kombinasi dengan log listrik berjalan di baik untuk membuat keputusan tentang apakah akan menyelesaikan lubang (coba untuk menghasilkan minyak atau gas dari itu) atau "steker" dengan baik. Lumpur log adalah alat yang sangat penting untuk ahli geologi minyak bumi ..
Di bawah ini adalah bagan umum simbol digunakan pada lumpur log:
Lithology Symbols.gif (56659 bytes)


0 komentar:

Posting Komentar