Pages

Sabtu, 27 November 2010

Utara peta ndak harus diatas !

globeMental Map –> Utara peta tidak harus diatas !
Bagi anda yg sering membaca-baca peta selalu saja menggunakan arah utara peta ditaruh atas. namun jarang yang bertanya kenapa arah utara ada di atas, kenapa utara ? kenapa bukan timur atau barat atau bahkan selatan ?Secara mudah sering dipakai argumen bahwa utara berada diatas karena yg membuat peta orang-orang yang berada di belahan bumi utara. Mungkin saja alasan ini benar. Namun seandainya saja kita bertanya, dimana utara Bulan ? Dimana kutub utara planet Mars ? Apa dasarnya ?
Mental Map
Ilustrasi dibawah ini telah mengecilkan arti sebuah daerah karena kelemahan sistem proyeksi. Lah bumi ini kan bulet (kayak bola) tentunya tidak mudah ketika melihat bumi dalam peta datar. Karena bumi ini digambarkanb datar pada secarik kertas, maka daerah di katulistiwa terlihat relatif lebih kecil dibanding daerah di belahan bumi utara maupun selatan yang mendekati kutub. “Kesalahan” ini disebabkan karena “memaksakan” bumi bulat menjadi bumi datar. Hayoo … sapa yg masih menganggap bumi ini datar ? 
Lihat saja ini :
Nah berikut saya punya koleksi peta-peta yg mempunyai kutub utara dibawah, coba perhatikan dimana pusat dunia itu ? :
Nah apa salahnya kalau orang-orang Ustrali membuat peta dengan Benua Ustraliberada di tengah. Menjadi pusat perhatian kan ? Ustrali ini memang sejak beberapa dekade ini meluncurkan issue-issue yg berbeda dengan issue dari negara-negara barat. Walaupun sama-sama ras hispanic, orang-orang Ustrali ini memiliki cara pandang yang berbeda dengan hispanic lainnya.
Bagaimana dengan Indonesia ? Kita pun merasa terpinggir dengan disebut Far East(timur jauh). Ah, padahal kita tidak begitu jauuh kan ? mereka saja yg terlalu ke barat kali … :p . Padahal Dunia diawali dari Timur, matahari juga terbit dari timur, kan ?
Bumi Kuwalik !
Pada dasarnya manusia itu seneng menjadi pusat perhatian (hikhik narsis), aku lah yang semestinya terpenting dan menjadi pusat segalanya …. nah ini seperti peta bikinan Ustrali dibawah ini kali yeee … :-( … Dan utara peta tidak harus di atas !
Tapi kalau di peta ini Pulau Sulawesi bukan lagi seperti huruf “K”. :)
Peta lain adalah kumpulan bagaimana melihat bumi berputar2. Disini kita akan mengenal bumi dari berbagai sudut yg kita inginkan. Bumi ini terlalu miskin danngga menarik kalau hanya dilihat dari satu sisi saja, terlalu jelek kalau dilihat dari satu cara pandang saja. Cara pandang yang lain perlu dicoba, diputer, dijungkir-walik, dikasi warna, wis macem-macem lah.
Aku sih maunya Indonesia is the centre of the earth. Coba tengok kalau Indonesia di tengah keren juga kan ?
Kata Simbahku kalau kamu ingin melihat sedikit perubahan, rubahlah perilakumu, kalau anda ingin melihat perubahan yg besar, rubahlah cara pikirmu, caramu melihat dunia …. Jadi jangan mau donk melihat peta dunia yg pusatnya bukan Indonesia … :)
klik memperbesar
klik memperbesarDisebelah kiri ini seandainya bumi ini tanpa air. Hal yg mirip kalau kita melihat planet Mars saat ini yg tidak ada air sama sekali.
Sebelah kanan bumi dengan air
sumber peta: internet, noaa

0 komentar:

Posting Komentar